Lompat ke isi utama

Berita

Temui Ketua Bawaslu Yusnar, HMI Bicarakan Pengawasan Partisipatif Mahasiswa demi Menjaga Integritas Pemilu

Temui Ketua Bawaslu Yusnar, HMI Bicarakan Pengawasan Partisipatif Mahasiswa demi Menjaga Integritas Pemilu

Audiensi Bawaslu Palembang dengan HMI di sekretariat, membahas pengawasan partisipatif Pemilu 2024 Kamis (02/11/2023)

PALEMBANG BWSPLG — Sebagai langkah tindak lanjut dari Deklarasi "Kami Muda Kami Mengawasi", Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang menggelar audiensi di Sekretariatnya pada Kamis (02/11/2023). Acara ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu, Yusnar, Anggota Bawaslu, serta unsur sekretariat yang bertemu dengan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Pertemuan ini bertujuan untuk membahas pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam pengawasan partisipatif sebagai upaya untuk menjaga integritas pemilu.

Audiensi ini merupakan kelanjutan dari acara Deklarasi "Kami Muda Kami Mengawasi" yang diadakan oleh Bawaslu Kota Palembang sebelumnya. Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemuda menuju Pemilu Damai tahun 2023, yang dihelat di Hotel Amaris pada Minggu (8/10/2023). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan, termasuk HMI Cabang Palembang yang menjadi salah satu undangan utama.

Kehadiran Ketua Umum HMI, Chandra, Ketua Umum KOHATI, Meta Firdayanti, dan Ketua BPL, Imam Al Fuadi, dalam audiensi ini menegaskan komitmen para pemimpin organisasi pemuda dalam mendukung usaha pengawasan pemilu yang inklusif dan transparan. Mereka mengakui peran krusial mahasiswa dalam menjaga proses demokrasi, khususnya dalam konteks pemilu.

Ketua Bawaslu, Yusnar, menyatakan apresiasi atas kontribusi positif dari HMI dan organisasi kepemudaan lainnya dalam menciptakan pemilu yang adil dan berkualitas. "Keterlibatan aktif mahasiswa sangat penting untuk memastikan bahwa setiap tahap pemilu berjalan dengan integritas tinggi dan memberikan kesempatan yang setara bagi semua pihak," ujarnya.

Melalui audiensi ini, Bawaslu Kota Palembang berharap dapat memperkuat kerja sama dengan elemen-elemen muda dalam rangka menciptakan pemilu yang bersih dan bermartabat. Pihak Bawaslu juga mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama pemuda, untuk terus mendukung upaya menjaga demokrasi yang sehat dan berkualitas di Indonesia (*/ZPP).

Penulis dan Foto: ZPP

Editor: ZPP