Lompat ke isi utama

Berita

Menjelang Penetapan DCT Komitmen Muslim Bawa Misi Kelancaran Proses Demokrasi

Menjelang Penetapan DCT Komitmen Muslim Bawa Misi Kelancaran Proses Demokrasi

PALEMBANG BWSPLG – Dalam kesiapan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2H) Muslim turut serta dalam rapat koordinasi yang digelar oleh Bawaslu Sumsel di Hotel Excelton Palembang pada Jumat (27/10).

PALEMBANG BWSPLG – Dalam kesiapan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2H) Muslim turut serta dalam rapat koordinasi yang digelar oleh Bawaslu Sumsel di Hotel Excelton Palembang pada Jumat (27/10). Rapat tersebut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumsel serta berbagai pihak terkait. Fokus utama rapat adalah menyusun strategi pencegahan dan pengawasan untuk proses penetapan DCT Provinsi Sumatera Selatan, sambil membahas tahapan kampanye Pemilu 2024.

Abdul Rahim, Kabag Pengawasan Bawaslu Sumsel, memimpin rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh Koordiv Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas (HP2H) dari Bawaslu Kabupaten/Kota atau perwakilan. Agenda berlangsung selama satu hari, bertujuan untuk melakukan pertukaran informasi dan mempersiapkan terkait penetapan DCT.

Massyuryati, Koordiv HP2H Bawaslu Sumsel, menegaskan pentingnya pemahaman peraturan terbaru yang berkaitan dengan pengawasan penetapan DCT yang berbeda dari sebelumnya. Para peserta wajib memenuhi semua persyaratan dan prosedur sebelum DCT ditetapkan. Pasca penetapan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT), periode kampanye akan dimulai dan berlangsung selama 25 hari, yakni dari tanggal 28 November 2023 s.d. 10 Februari 2024. “Kami mendorong semua kandidat untuk tetap memelihara hubungan baik antar sesama,” ucap Massyuryati sembari membuka rapat koordinasi secara resmi.

Sementara itu, Koordiv P2H Muslim menegaskan, “Selain menyoroti pentingnya menjaga komunikasi yang efektif, setiap elemen hendaknya memperhatikan setiap tahapan dalam proses pemilu. Demikian ini, sangat krusial dalam menjamin kelancaran proses demokrasi mendatang. Pelaksanaan pemilu saat ini merupakan acuan proses demokrasi selanjutnya, berjuanglah! Lakukan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” pungkas Muslim.

Dalam penutup rapat koordinasi dengan stakeholder, para peserta menggarisbawahi pentingnya menjaga komunikasi yang efektif dan memastikan setiap tahapan pemilu dilakukan dengan cermat. Forum menegaskan bahwa kelancaran dan keadilan dalam proses pemilu saat ini adalah pijakan penting bagi masa depan demokrasi. Semangat untuk melanjutkan perjuangan dan melaksanakan pemilu dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya menjadi fokus utama bagi semua pihak terlibat. (*/ZPP)

Penulis dan Foto: ZPP

Editor: ZPP