Lompat ke isi utama

Berita

Koordiv SDMOD Mr. Tupang Hadiri Rapat Kerja Evaluasi Kinerja di Jakarta

Koordiv SDMOD Mr. Tupang Hadiri Rapat Kerja Evaluasi Kinerja di Jakarta

JAKARTA, BWSPLG – Koordiv SDM Organisasi dan Diklat (SDMOD), Kharil Anwar Simatupang (Mr. Tupang) dan Unsur Sekretariat bersama Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota lainnya di 22 Provinsi se-Indonesia menghadiri “Rapat Kerja Evaluasi Kinerja Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota” di Kota Jakarta Pusat.

Acara ini diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, dalam rangka Evaluasi Kinerja Bawaslu dalam Menyongsong Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 bertempat di The Sultan Hotel & Residence, Selasa s.d Kamis (24 s.d 26/10/2023).

Rapat Evaluasi Kinerja dihadiri langsung oleh Dr. Herwyn J. H. Malonda, M.Pd., M.H. Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Bawaslu RI yang dalam sambutannya di acara  rapat kerja menyampaikan point-point penting dalam menyongsong pemilu serentak tahun 2024 kepada peserta rapat.

Evaluasi Kinerja 1 

Dalam momen tersebut, Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, mendorong jajaran Bawaslu di tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kapasitas diri. Herwyn melihat hal ini sebagai langkah yang perlu dilakukan guna meningkatkan kinerja secara lebih efektif dan efisien di tingkat daerah.

Herwyn bahkan mengungkapkan harapannya agar jajaran dapat melaksanakan tugas pemantauan dengan cermat, sebagaimana halnya intelijen, untuk mengawasi jalannya tahapan pemilu. Ia berharap insting pengawasan jajaran di lapangan diperkuat guna memantau dan mengawasi jalannya tahapan dengan baik.

“Kalau terkait kinerja, segera lakukan percepatan peningkatan kapasitas diri. Jangan tidur! harus menguasai regulasi, ketentuan teknis penyelenggaraan pemilu, dan wajib menguasai teknis pengawasan pemilu,” terangnya dalam Rapat Kerja Evaluasi Kinerja Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dijelaskan bahwa, percepatan tersebut bukan hanya sekadar menyelesaikan tugas dengan cepat, melainkan lebih kepada meningkatkan kualitas dan kapasitas diri dalam menjalankan fungsi pencegahan dan penindakan. Selain itu, Herwyn juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses pengawasan bersama Bawaslu.

“Kita perlu membangkitkan motivasi dan minat masyarakat untuk turut serta bersama dengan Bawaslu dalam tugas pengawasan ini. Kita harus akui kita tidak bisa melakukan tugas tanpa melibatkan masyarakat,” kata Koordiv SDMOD Bawaslu tersebut.

Dengan tekad teguh, harapan meminta agar jajaran dapat menunaikan tugas dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan wewenang Bawaslu untuk mencapai kinerja yang terukur. Dia menekankan perlunya semua pihak, termasuk pimpinan dan staf, memahami setiap kegiatan yang terjadi di kantor maupun di lapangan.

“Jadi ini komitmen kita memberikan hasil yang terbaik atas pengawasan yang kita lakukan alat ukurnya dengan kinerja. Secara personal, Ukuran kinerja kita akan mempengaruhi ukuran kinerja kelembagaan yang pada akhirnya membawa dampak kepada kepercayaan masyarakat atas kerja – kerja pengawasan Pemilu dalam mengawal demokrasi dan mewujudkan keadilan Pemilu,” tutur Herwyn.

Evaluasi Kinerja 2 

Sementara itu, Mr. Tupang, Kordiv SDMOD, mengemukakan pentingnya dokumentasi hasil rekomendasi atau saran perbaikan dari pengawasan. Dia menekankan perlunya setiap laporan hasil pengawasan disampaikan secara bertahap serta diarsipkan baik dalam bentuk fisik maupun digital.

“Melakukan evaluasi merupakan ekspresi konkret dari keseriusan kami untuk menjamin bahwa setiap tindakan kami adalah cerminan dari nilai-nilai yang kami anut serta kesungguhan kami dalam menjaga integritas dan kualitas kinerja. Evaluasi itu adalah manifestasi dari Ungkapan” - Kata Tupang, memberikan penegasan penting sebelum mengakhiri diskusi. (*/ZPP)