Lompat ke isi utama

Berita

Galakkan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Kawal Rekrut PTPS Sesuai Aturan

Koordiv. SDMOD Khairil Anwar Simatupang Hadir dalam Sosialisasi Pedoman Rekrutmen PTPS se-Sumsel (04/01/2024)

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Pendidikan dan Pelatihan (SDMOD) Khairil Anwar Simatupang Hadir dalam Sosialisasi Pedoman Rekrutmen PTPS se-Sumsel (04/01/2024)

PALEMBANG, BWSPLG – Dalam rangka mendukung Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2024 Koordiv SDM, Organisasi dan Pendidikan & Pelatihan (SDMOD) Bawaslu Palembang, Khairil Anwar Simatupang, hadir dalam acara Sosialisasi Pedoman Rekrutmen PTPS pada Kamis (4/1). Acara ini diselenggarakan oleh Bawaslu Sumsel serta dibuka oleh Ardiyanto Koordiv SDMOD dihadiri berbagai Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan.

Khairil Anwar Simatupang, menyampaikan optimisme terhadap kolaborasi antara Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwaslu Kecamatan dalam proses rekrutmen PTPS. "Saya yakin, dengan kolaborasi positif antara Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwaslu Kecamatan, kita dapat menghasilkan PTPS yang tidak hanya kompeten, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam terhadap aturan yang berlaku," ujarnya.

Dia menekankan pentingnya mencatat jumlah pendaftar PTPS setiap hari untuk memantau partisipasi masyarakat secara efektif. "Pencatatan ini akan memudahkan pemantauan perkembangan partisipasi masyarakat dalam rekrutmen PTPS," tambahnya.

Khairil Anwar Simatupang menjelaskan bahwa setelah proses rekrutmen, PTPS akan mendapatkan pembekalan. "Setelah pelantikan PTPS, kita akan melakukan pelatihan PTPS dan memberikan bimtek agar PTPS dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang berlaku," tutupnya.

Sementara itu, Ardiyanto Koordiv SDMOD Bawaslu Sumsel mengajak Bawaslu Kabupaten/Kota untuk bekerja sama dengan Panwaslu Kecamatan. "Kerja sama ini menjadi kunci untuk menghasilkan kader terbaik yang akan mengawasi Pemilu 2024," ujarnya.

Ia juga mendorong agar Panwaslu Kecamatan memberikan informasi jumlah pendaftar PTPS per hari. "Rekapitulasi pendaftar PTPS per hari ini akan memudahkan Bawaslu Sumsel untuk memantau perkembangan jumlah pendaftar PTPS se-Sumatera Selatan per harinya," jelas Ardiyanto.

Selain itu, Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan akan memberikan dukungan penuh dan melakukan monitoring terhadap proses rekrutmen PTPS. "Kami akan memastikan agar proses rekrutmen PTPS berjalan dengan baik, mengarah pada pemilihan umum yang lebih terarah dan transparan," tegas Ardiyanto.

Dengan semangat kolaboratif yang ditunjukkan dalam acara ini, Bawaslu Palembang dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan bersama-sama berkomitmen menciptakan Pemilu 2024 yang partisipatif, adil, dan transparan. (humas/bwsplg)

Penulis dan foto: zpp/bwsplg

Editor: zpp/bwsplg