Lompat ke isi utama

Berita

Memperkuat Demokrasi: Bawaslu dan DPRD Bersatu demi Pemilu yang Transparan dan Adil di Palembang

Reses Tahap I Dprd Provinsi Sumsel Dapil I (31/1/2024)

Sambutan Ketua Bawaslu Yusnar dalam acara Reses Tahap I anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Dapil I di Sekretariat Bawaslu Palembang pada Rabu, (31/1/2024).

Palembang, BWSPLG - Dalam upaya kolaboratif untuk memastikan integritas dan transparansi proses pemilu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang Yusnar dan Anggota Bawaslu serta Unsur Sekretariat menyambut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan dalam Kegiatan Reses Tahap I berada di Dapil I (Ilir Barat I, Ilir Barat II, Bukit Kecil, Gandus, Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Kertapati, Plaju, & Jakabaring). Kunjungan ini, sebagai bagian integral dari program reses yang sedang berlangsung untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat, diantara tempat direncanakan Sekretariat Bawaslu Palembang, Kegiatan ini di mulai dari 29 Januari hingga 5 Februari 2024.

Dalam kunjungan pada Rabu, (31/1) pembahasan berfokus pada upaya menciptakan lingkungan pemilu yang damai, aman, dan bermartabat. Yusnar, Ketua Bawaslu Kota Palembang, menegaskan komitmen Bawaslu sebagai penegak keadilan pemilu, menyatakan, "Kami menguatkan kembali tekad kami untuk menjalankan tugas sesuai amanah Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dengan menyadari kebutuhan mendesak akan peningkatan fasilitas sebagai pendukung utama penyelenggaraan pemilu," ungkap Yusnar.

Khairil Anwar Simatupang, Koordinator Divisi SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu Palembang, menekankan kesiapan prasarana (infrastruktur) namun menyoroti perlunya peningkatan sarana untuk mendukung fungsi pengawasan proses pemilu. "Prasarana telah disuguhkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan sarananya guna mendukung fungsi pengawasan penyelenggaraan pemilu," tambahnya.

Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, menekankan pentingnya tempat netral dalam kampanye dan mendukung pemanfaatan teknologi videotron sebagai sarana efektif penyampaian informasi. Ia menyambut baik keterlibatan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu dan menyatakan harapannya untuk adanya kerja sama yang lebih erat guna meningkatkan kualitas demokrasi, khususnya di wilayah Kota Palembang.

Seiring dengan ide dari Yusnar dan Khairil, Anita dengan antusias memberikan dukungan penuh untuk pembenahan yang diajukan oleh Bawaslu. Dalam perspektifnya, Anita menyoroti betapa pentingnya memastikan bahwa perubahan tersebut tidak hanya memenuhi kebutuhan, tetapi juga bisa diaplikasikan dengan aman dan efisien. Dukungan ini mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu, dengan menjamin setiap langkah yang diambil sesuai dengan standar berlaku, sejalan dengan integritas dan transparansi dalam seluruh proses pemilihan.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan yang hadir dalam acara ini, termasuk Chairul S Matdiah, Prima Salam, Mgs. H Saiful Padli, H. Kartak, dan Yudha Rinaldi, bersama Panwascam se-Kota Palembang, menegaskan komitmen bersama mereka untuk menjaga integritas dan transparansi dalam setiap tahapan pemilu. Mereka menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat sebagai elemen utama demokrasi yang harus terus dijaga.

Inisiatif reses ini menjadi platform penting untuk memperkuat kolaborasi antara Bawaslu dan DPRD Provinsi Sumatera Selatan, dengan tujuan pemilu yang damai, aman, dan bermartabat di Kota Palembang (humas/bwsplg).

Penulis: ZPP /BWSPLG

Foto: Humas /BWSPLG

Editor: ZPP /BWSPLG