Lompat ke isi utama

Berita

Langkah Antisipatif! Bawaslu Palembang Garap Rencana Strategis Hadapi Pemilu 2024!

Potret Rapat Koordinasi Pencegahan Pelanggaran dan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024 pada Kamis (02/02/2024).

PALEMBANG, BWSPLG - Sebagai langkah persiapan menyambut Pemilu Tahun 2024 Kamis, (2/2) Ketua Bawaslu Yusnar, Anggota Bawaslu Muslim selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) dan Staf Sekretariat (Operator SIWASLU) Bawaslu Kota Palembang Ahmad Syofiuddin bersama Koordiv P2H dan Staf mengelola (Operator Siwaslu) Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera selatan hadir dalam "Rapat Koordinasi Pencegahan Pelanggaran dan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bawaslu Sumsel, yang berlangsung di Hotel Beston, Jl. Jend. Sudirman No.57, Kota Palembang, dari Rabu (31/1/2024) hingga Jumat (2/2/2024).

Dalam sambutannya, Kurniawan, Ketua Bawaslu Sumsel, menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antarlembaga untuk mengamankan Pemilu 2024. "Forum ini tidak hanya menjadi wadah diskusi, tetapi juga tindakan konkret untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung dengan integritas dan kredibilitas yang tinggi," ungkapnya.

Yusnar, Ketua Bawaslu Kota Palembang, menambahkan, "Peran Bawaslu dalam pemilu ini sangat krusial. Kami hadir untuk bersama-sama menjaga agar seluruh tahapan pemilu berjalan dengan lancar dan bebas dari pelanggaran," kata Yusnar.

Pada kesempatan yang sama, Muslim, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2H), menekankan, "Partisipasi aktif dari Bawaslu Kabupaten/Kota menjadi kunci utama dalam mencapai pemilu yang bersih dan demokratis. Kita harus saling mendukung dan bekerja sama dalam upaya mewujudkan pemilu yang adil" tambahnya.

Ahmad Syofiuddin, Staf Sekretariat (Operator SIWASLU) Bawaslu Kota Palembang, menyoroti pentingnya kolaborasi lintas instansi. "Dengan bersinergi, kita dapat lebih efektif mengidentifikasi potensi pelanggaran dan mengambil langkah pencegahan yang tepat. Keberhasilan pemilu terletak pada kekompakan kita sebagai lembaga pengawas." pungkasnya.

Diskusi melibatkan berbagai instansi, termasuk KPU Provinsi Sumatera Selatan, Bawaslu Republik Indonesia, dan Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan. Materi yang dibahas mencakup strategi kebijakan penyelenggara pemilu, pencegahan potensi pelanggaran, perekaman KTP-el pemilih pemula, hingga strategi Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2H).

Bawaslu Kota Palembang bersama seluruh peserta berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi Pemilu 2024. Kegiatan ini adalah bukti nyata dari upaya kolaboratif untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas di Provinsi Sumatera Selatan. (humas /bwsplg)

Penulis: ZPP /BWSPLG

Editor: ZPP /BWSPLG