Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Pemahaman Netralitas ASN, Bawaslu Palembang Ikuti Kegiatan Koordinasi Bawaslu RI

Humas| Selasa, 18 September 2024

Bawaslu Kota Palembang ikuti kegiatan Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala daerah dalam menjaga Nertalitas ASN pada Pemilihan Serentak 2024 di Ecovention Hotel Jakarta. Selasa (17/09/2024)

Jakarta,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang melalui Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin Efan Yutawan ikuti kegiatan Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala daerah dalam menjaga Nertalitas ASN pada Pemilihan Serentak 2024 di Ecovention Hotel. Selasa (17/09/2024)

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua RI Rahmat Bagja. Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu itu menyampaikan terkait Indeks kerawanan Pilkada atau Pemilihan Serentak 2024.

“Dalam indeks kerawanan pilkada atau pemilihan yang Bawaslu keluarkan, maka isu netralitas ASN adalah isu ketiga yang terawan dalam pemilihan kepala daerah. Dapat kami bandingkan misalnya, pada saat Pemilu tahun 2019 yang lalu atau 2024, perkara Netralitas ASN  tidak lebih dari seribu," Ungkap Bagja Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (17/9/2024).

Ungkapan tersebut disampaikan Bagja di hadapan sejumlah kepala daerah, Bawaslu se Indonesia yang hadir dalam acara bertema Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah Menjaga Netralitas ASN pada Pemilihan Serentak 2024.

Pasca kegiatan tersebut, Efan Yutawan Kordiv PP datin Bawaslu Kota Palembang dalam wawancaranya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat penting dan mempunyai tindak lanjut yang diharapkan sangat baik. Mengingat titik rawan netralitas ASN terjadi pada hampir semua tahapan pilkada. Mulai dari tahapan pendaftaran, kampanye, hingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Netralitas ASN merupakan salah satu isu paling krusial dalam gelaran Pilkada Serentak tahun 2024, sehingga perlu ada kesamaan pemahaman antara Bawaslu dan Kepala daerah dalam menjaga netralitas ASN itu sendiri” Pungkasnya

Kegiatan tersebut juga didampingi oleh staf Bawaslu Kota Palembang. dan dihadiri juga oleh PJ Walikota dan Sekda Kota Palembang

ASN

Penulis : YH

Editor : Tim Humas Bawaslu Kota Palembang