Lompat ke isi utama

Berita

PENILAIAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK, BAWASLU KOTA PALEMBANG TERIMA TIM MONEV BAWASLU RI.

Humas | Jum'at 21 Juni 2024

Bawaslu Kota Palembang Terima Kunjungan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi dari Tim Bawaslu Republik Indonesia

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Palembang) menerima kunjungan monitoring dan evaluasi Keterbukaan informasi dari Tim Bawaslu RI Jum’at 21/06/2024 . Monitoring evaluasi ini di wakili oleh Nuke Kus Yuanita (Staf Bagian data dan Infomasi). Dan turut hadir juga Yuswari Kurniawan selaku Kepala Bagian Hukum, Humas, dan Datin beserta Staf Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, 

Agenda ini bertujan membahas tentang  Implementasi dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di lingkungan Bawaslu Kota Palembang, hal ini  di sambut baik oleh Ketua dan anggota Bawaslu Kota Palembang Yusnar, S, Sos, I , Efan Yutawan, S. Kom serta Yusman Ali selaku Koordinator Sekretariat, beserta staf Bawaslu Kota Palembang.

Tim Monev Bawaslu RI

Selain itu pada kesempatan agenda monitoring dan evaluasi ini, dilaksanakan juga pengisian Self Assesment Questionnaire (SAQ) dari Bawaslu RI. Selanjutnya Nuke (Staf Bagian data dan Infomasi Bawaslu RI). menyampaikan “sudah semestinya  Bawaslu sebagai lembaga publik sekaligus sebagai lembaga pemerintah untuk menyiapkan informasi-informasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam hal pelayanan terhadap hal-hal yang menjadi irisan sinergisitas terkait dengan pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Nuke juga menambahkan bahwa hasil dari penilaian Monitoring dan Evaluasi keterbukaan Informasi publik ini akan menentukan predikat yang akan diraih oleh Bawaslu Kota Palembang.

Disamping itu, Efan Yutawan selaku anggota Bawaslu Kota Palembang Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi berharap Bawaslu Kota Palembang dapat meraih predikat Informatif dari Bawaslu Republik Indonesia. Efan yutawan juga menambahakan bahwa pentingnya memaparkan layanan keterbukaan informasi di Bawaslu Kota Palembang dan menjelaskan bahwa komitmen keterbukaan Informasi merupakan nafas dari Bawaslu, sebab dalam menjalankan tugas pencegahan Bawaslu memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan keterbukaan informasi, sehingga informasi yang benar akan menjadi benteng terhadap disinformasi yang berdampak menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Sehingga Bawaslu Kota Palembang perlu juga membuat inovasi kontekstual untuk layanan informasi baik itu berbasis digital maupun berbasis konvensional. Bawaslu Kota Palembang  juga berkomitmen kedepannya akan berupaya lebih Inovatif lagi dalam menjalankan keterbukaan Informasi dan juga akan mendorong untuk lebih terbuka memberikan Informasi kepada Masyarakat.

 

 

Penulis : YH

Editor : YH