Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Panwascam Optimalkan Pengawasan Dengan Baik, Ketua Bawaslu Palembang Lakukan Supervisi

Humas | Selasa, 16 Juli 2024

Ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar, Lakukan Supervisi di Sekretariat Panwascam Sukarami, dalam rangka memastikan penguatan dan evaluasi kinerja yang dilakukan oleh Panwascam dan PKD di Kecamatan Sukarami yang harus maksimal pada tahapan pemilihan serentak 2024.

PALEMBANG, (16/07/2024) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang Yusnar, lakukan Supervisi di Sekretariat Panwascam Kecamatan Sukarami. guna memastikan Panwascam lebih mengoptimalkan Kinerja Pengawasan pada proses Pemilihan Serentak 2024.

Supervisi tersebut dilakukan oleh Ketua Bawaslu Yusnar beserta staf Bawaslu Kota Palembang, yang dilakukan di Sekretariat Panwascam Sukarami dalam rangka penguatan dan evaluasi kinerja yang dilakukan oleh Panwascam dan PKD di Kecamatan Sukarami yang harus maksimal pada tahapan pemilihan serentak 2024, khusunya pada tahapan Coklit yang sedang berlangsung saat ini.

Tahapan Coklit yang telah berjalan sampai ke 22 hari tersebut menjadi atensi dan perhatian khusus yang harus dilakukan melalui pengawasan-pengawasan langsung untuk memastikan kinerja Pantarlih telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta memastikan hak pilih Masyarakat terjamin.

Yusnar meminta Panwascam dan PKD harus lebih tegas dan teliti dalam melakukan Kinerja pengawasan pada tiap tahapan, khususnya tahapan yang sedang berlangsung yakni Coklit. Sebab menjadi tugas dan komitmen Bawaslu beserta Adhoc di bawah jajaran Bawaslu Kota Palembang untuk mengawasi dan memastikan hak mata pilih terpenuhi. 

“Dalam melakukan pengawasan pada tiap tahapan ini menjadi atensi dan kinerja yang harus dilakukan oleh Panwascam dan PKD khusunya pada tahapan Coklit yang sudah berlangsung sejak 22 Hari, demi memastikan Kinerja Pantarlih telah sesuai dengan prosedur serta memastikan hak mata pilih warga terpenuhi. Terlebih Kecamatan Sukarami ini merupakan Kecamatan yang paling banyak mata pilihnya, artinya rekan-rekan di Kecamatan harus lebih memaksimalkan lagi kinerja pengawasan pada pemilihan serentak 2024.”Ujarnya

Ketua Bawaslu Palembang itu juga berpesan tentang sifat tegas yang harus dilakukan oleh Panwascam dan PKD dalam melakukan Kinerjanya;

“Untuk memastikan dan mengawasi tahapan pemilihan serentak agar berjalan sesuai dengan regulasi merupakan tugas kita, namun disamping itu, penyelenggara yang melaksanakan tahapan tersebut itu juga harus tidak luput dari padangan dan pengawasan kita. Artinya apabila terdapat temuan-temuan dugaan kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara, baik di Tingkat PPK maupun PPS segara untuk di tindak lanjuti”Tegasnya

 

Supervisi Ketua Bawaslu Kota Palembang di Panwascam Sukarami

Penulis : YH

Editor : Tim Humas