Lompat ke isi utama

Berita

Komitmen Mengawal Hak Pilih, Bawaslu Palembang Tegaskan Siaga Posko Kawal Hak Pilih Pasca Tahapan Coklit Pada Pemilihan Serentak 2024.

Humas | Senin, 29 Juli 2024

Melalui Apel Senin Pagi, Bawaslu Palembang Tegaskan Untuk Siaga Posko Kawal Pilih dalam Pemilihan Serentak 2024. 

Palembang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang melalui apel pada setiap senin pagi, Anggota Bawaslu Kota Palembang Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa M Hasbi menyampaikan akan fokus terhadap Posko Kawal Hak Pilih, pasca selesainya proses tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pada pemilihan serentak 2024. Senin, 29/07/2024

Apel yang di adakan pada setiap senin pagi tersebut di hadiri oleh Kepala sekretariat Bawaslu Palembang beserta staf Bawaslu Kota Palembang.

Dalam amanatnya M Hasbi menyampaikan akan siaga dalam mengawal Hak Pilih. Karena menurutnya proses Pencoklitan yang di lakukan oleh pantarlih pada minggu yang lalu tentu akan masih ada laporan dari Masyarakat tentang proses coklit yang telah usai pada minggu lalu. Mulai dari warga yang belum tercoklit maupun dari pantarlih itu sendiri yang di duga tidak melakukan coklit sesuai dengan prosedur.

“Bawaslu Kota Palembang mengintruksikan dijajaran seluruh Panwascam dan PKD se Kota Palembang untuk siaga dalam mengawal hak pilih dengan cara menyediakan posko kawal hak pilih dan kemudian untuk segera tindak lanjut dengan menyampaikan surat saran perbaikan pada pihak setingkatnya”Ucapnya

Kemudian juga anggota Bawaslu Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa tersebut juga menghimbau akan partisipasi Masyarakat tentang posko kawal hak pilih tersebut. 

“Jika ditemukan adanya pemilih yang belum dicoklit, silakan untuk datang dan laporkan di Posko Kawal hak Pilih yang disediakan pada seluruh tingkatan, mulai dari Kelurahan (PKD), Kecamatan (Panwascam) sampai ke Bawaslu Kota Palembang” Ujarnya

Pengawasan daftar pemilih oleh Bawaslu Palembang dengan Gerakan Kawal Hak Pilih. Merupakan komitmen Bawaslu untuk mengawal data pemilih Pada pemilihan serentak 2024. Agar semua pemilih yang memenuhi syarat dapat memilih dan terdaftar sebagai pemilih. Salah satu cara adalah menyiagakan Posko Kawal Hak Pilih dengan tujuan menyaring atas aduan masyarakat yang belum terdaftar akan dikawal oleh Bawaslu Palembang demi suksesnya Pemilihan Serentak 2024 di Kota Palembang. 

Penulis : YH

Editor & Fhoto Grafer : Tim Humas Bawaslu Palembang