Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Kota Palembang Ajak Elemen Masyarakat untuk Berpartisipasi Dalam Pengawasan Pada Pemilihan Serentak 2024.

Humas | Kamis, 02 Agustus 2024

Ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar, ajak masyarakat Kota Palembang untuk turut berpartisipasi dalam hal pengawasan pada pemilihan serentak 2024.

Palembang,–  Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang Yusnar hadiri kegiatan Rapat Koordinasi dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Tingkat Kota dan Kecamatan Se Kota Palembang dengan tema Optimalisasi Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam koordinasi deteksi dan cegah dini di daerah menjelang Pemilihan serentak 2024. Bertempat di Hotel Beston pada Kamis 01/08/2024 

Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang. Pada kesempatan tersebut dihadiri juga dari berbagai unsur, mulai dari tokoh masyarakat, Mahasiswa, Sipil, TNI dan Polri serta tokoh lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar berkesempatan menjadi Narasumber serta memberikan pembekalan materi tentang tugas-tugas Bawaslu dalam hal pengawasan pada tiap proses tahapan pada penyelenggaraan Pemilihan serentak 2024 di Kota Palembang.

Yusnar juga menyampaikan bahwa perhelatan Pemilihan Serentak 2024 ini akan berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan. Mulai dari pemutakhiran data pemilih sampai pada penetapan akan calon kepala daerah yang terpilih nanti. Namun yang menjadi persoalan adalah adanya Potensi-potensi Kerawanan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Palembang tersebut, setidaknya ada beberapa jenis-jenis pelanggaran yang berpotensi akan menimbulkan persoalan dalam menjalani ajang kontestasi Pemilihan kepala daerah tersebut, diantaranya Pelanggaran Administrasi Pemilihan, Pelanggaran Pidana Pemilihan, Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilihan dan Pelanggaran Hukum lainnya.

“Saya juga berharap, jika dalam melakukan Pengawasan demi menyukseskan pemilihan serentak ini tentu bukan hanya tugas dari Bawaslu Kota Palembang saja. Melainkan dari partisipasi serta bantuan dari Masyarakat dalam melakukan pengawasan pada tiap tahapan-tahapan yang ada, agar Pemilihan Serentak 2024 ini tetap Kondusif dan berjalan sesuai dengan regulasi yang ada”Pungkasnya

Ketua Bawaslu Palembang itu juga menghimbau kepada Masyarakat untuk ikut berperan dalam melakukan pengawasan, dan mengajak jika terdapat dugaan atau temuan terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan, baik dari pihak penyelenggara maupun peserta, segera datang dan laporkan di Kantor Bawaslu Kota Palembang untuk segera di tindak lanjuti.

Ketua Bawaslu Palembang

Penulis : YH

Editor & Fotografer : Tim Humas Bawaslu Kota Palembang