Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Sosialisasi, Ketua Bawaslu Palembang Sampaikan Peran Perempuan pada Pemilihan Serentak

Humas| Rabu, 18 September 2024

Ketua Bawaslu Kota Palembang Khairil Anwar Simatupang ungkap Peran perempuan sering kali dipandang sebelah mata dalam politik, padahal kontribusi mereka sangat vital dalam menciptakan keseimbangan dan keadilan dalam pengambilan keputusan. Rabu (18/09)

Palembang,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang Gelar Sosialisasi pengawasan partisipatif pemilih Perempuan pada pemilihan serentak 2024 di Kota Palembang di The Zuri Hotel Palembang. Rabu (18/09/2024) 

"Suara mereka adalah penentu utama masa depan daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.”Ucap Khairil Anwar Simatupang di The Zuri Hotel Palembang. Rabu (18/09)

Hal tersebut di ucapkan pada sambutannya sekaligus membuka acara pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Peran Perempuan dalam Pemilihan Serentak 2024 di Kota Palembang

Ketua Bawaslu Kota Palembang itu juga mengatakan perempuan sering kali dipandang sebelah mata dalam politik, padahal kontribusi mereka sangat vital dalam menciptakan keseimbangan dan keadilan dalam pengambilan keputusan.

"Kita harus mendorong lebih banyak perempuan untuk berani mengambil peran aktif dalam terselenggaranya Pemilihan Serentak, baik sebagai pemilih yang cerdas maupun menjadi seorang Pengawas yang kritis," cetusnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu itu juga mengharapkan kepada kaum perempuan agar senantiasa turut melakukan pengawasan pada tiap tahapan, utamanya pada Tahapan-tahapan yang krusial. Mengingat perhelatan pemilihan serentak tersebut sedang berlangsung. 

"Dengan adanya pengawasan partisipatif diharapkan ada kerjasama antara Bawaslu Kota Palembang  dan Masyarakat khusunya dari kalangan Perempuan untuk sama-sama memiliki komitmen tidak melakukan pelanggaran pilkada dan melaksanakan Pilkada atau pemilihan Serentak secara jujur dan adil," Ungkapnya

Kemudian, masyarakat berhak untuk menyampaikan hasil Pengawasan atas Pemilihan dan menyampaikan laporan terkait dugaan pelanggaran Pemilihan. 

Tupang juga berharap Melalui kegiatan sosialisasi itu akan adanya transformasi pengetahuan dari jajaran pengawas pemilu kepada masyarakat khususnya komunitas perempuan, sehingga terbangun persepsi dan komitmen yang sama untuk mengawal seluruh tahapan Pemilihan Serentak 2024.

Kegiatan yang menghadirkan berbagai perwakilan tokoh Perempuan tersebut di gelar dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait peran perempuan dan perempuan berdaya dalam mengawasi pemilihan serentak 2024. 

Kegiatan tersebut menghadirkan para perwakilan organisasi dan perkumpulan ke perempuan mulai dari Fatayat NU Kota Palembang, Muslimat NU, Kohati, Kopri, Gadis Kesehatan, Gadis Kampus STIA Balaputradewa, para Volunteer Pengawasan Bawaslu Kota Palembang serta Perwakilan Organisasi ke perempuanan lainnya.

Sosialisasi

Penulis : YH

Editor : Tim Humas Bawaslu Kota Palembang