Lompat ke isi utama

Berita

Gandeng Kaum Zilenial, Bawaslu Palembang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Serentak 2024

Humas | Jum'at, 02 Agustus 2024

Ketua Bawaslu Kota Palembang ajak para kaum Zilenial yang ada di Kota Palembang untuk berperan dan ikut serta dalam melakukan pengawasan Partisipatif pada pemilihan serentak 2024.

Palembang,- Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang. Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pemilihan Serentak 2024, dengan tema "Optimalisasi Peran Zilenial dan pemilih Pemula dalam pengawasan partisipasif pada pemilihan serentak tahun 2024. Bertempat di Grand Daira Hotel Palembang Pada Jum'at 02/08/2024

Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Kordiv P2H Massuryati serta dibuka langsung oleh ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar, didampingi anggota Bawaslu Kordiv PP Efan Yutawan, Kordiv SDM DO Khairil Anwar Simatupang, Kordiv P2H Muslim, didampingi juga oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Palembang Yusman Ali serta seluruh staf dilingkungan Bawaslu Kota Palembang.

Melalui sambutannya, Yusnar menyampaikan bahwa Kota Palembang mempunyai jumlah mata pilih yang cukup banyak, yakni sebanyak  1.249.036 Pemilih yang tersebar pada 2.264 TPS di 18 Kecamatan se Kota Palembang. mengingat keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Bawaslu Kota palembang untuk itu Yusnar mengajak para kaum Zilenial yang ada di Kota Palembang untuk berperan dan ikut serta dalam melakukan pengawasan Partisipatif pada pemilihan serentak 2024.

Yusnar menyebutkan kegiatan tersebut merupakan bentuk Komitmen Bawaslu Kota Palembang dalam menyukseskan pemilihan serentak 2024 melalui Pengawasan Partisipatif dengan melibatkan unsur Zilenial baik dari unsur Mahasiswa dari berbagai Perguran Tinggi, Komunitas-komunitas yang ada di Kota Palembang, serta unsur OKP (Organisasi Kepemudaan). Dan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa dan pemuda bahwa peran pengawasan partisipatif sangat dibutuhkan pada tahapan proses Pemilihan serentak 2024. 

Dalam kesempatan itu juga, dilakukan launching Sekolah Volunteer Pengawasan Partisipatif Bawaslu Palembang, yang diharapkan partisipasi serta peran anak muda untuk aktif dalam pengawasan Pemilihan Serentak 2024  dan siap melakukan perekrutan.

Melalui Koordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Kota Palembang Muslim menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan bersamaan juga dengan Launching Persemian sekolah Volunterr Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kota Palembang.

Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan melalui Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Massuryati, sampaikan juga apresiasi dan ucapan selamatnya atas peluncuran Sekolah Volunteer Pengawasan Bawaslu Palembang, sebuah program edukasi yang bertujuan melibatkan Zilenial dan Pemilih Pemula dalam proses pengawasan Pemilihan serentak 2024.

Ketua Pelaksana sekaligus Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Palembang melaporkan bahwa Kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 2 sd 4 agustus 2024. Dan dihadiri oleh para Zilenial dan pemilih pemula, yakni dari kalangan Mahasiswa dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi, Para Komunitas-komunitas pegiat sosial, serta dihadiri juga dari Unsur media.

Humas | Jum'at, 02 Agustus 2024

Penulis : YH

Editor & Fotografer : Tim Humas Bawaslu Kota Palembang