Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Palembang Tingkatkan Kualitas Pemilu 2024 Melalui Penguatan Kapasitas Saksi Peserta Pemilu

Palembang, BWSPLG - Bawaslu Kota Palembang mengadakan kegiatan penguatan kapasitas untuk saksi peserta Pemilu dalam rangka mempersiapkan Pemilu 2024 dengan lebih baik. Kegiatan ini diinisiasi oleh Anggota Bawaslu Khairil Anwar Simatupang dari Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat (SDMOD), Muslim dari Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat (P2H), serta Efan Yutawan dari Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi (PPDatin), serta melibatkan unsur Sekretariat.

Rapat ini, yang dilangsungkan pada Rabu (7/2) di Grand Daira Hotel Palembang, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Palembang, seluruh perwakilan partai politik peserta Pemilu Tahun 2024 di Kota Palembang, seluruh LO Calon DPD RI Sumatera Selatan, serta seluruh tim kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden RI.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh narasumber dari Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Rohmat Yasin Yunanto, serta perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan Erlan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Arman Darmawan, dan M. Arif Setiawan Dosen FISIP UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam sambutannya, Khairil Anwar Simatupang menekankan pentingnya peran saksi dalam menjaga integritas Pemilu. "Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan saksi-saksi Pemilu agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku," ungkapnya.

Sementara itu, Muslim menambahkan, "Dengan kesiapan dan pemahaman yang terjaga, kami optimis bahwa saksi-saksi Pemilu akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga proses Pemilu yang bersih dan transparan," tambahnya.

Kegiatan penguatan kapasitas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan Pemilu di Kota Palembang, sehingga proses pemilihan dapat berlangsung dengan lebih adil dan transparan. Kolaborasi antara Bawaslu, KPU, partai politik, dan masyarakat menjadi kunci dalam menjaga integritas Pemilu Tahun 2024.

Penulis: ZPP /BWSPLG

Foto:

Editor: ZPP /BWSPLG