Lompat ke isi utama

Berita

Adakan Rakor dan Evaluasi; Panwascam, PKD Serta PPK, PPS Kecamatan Kalidoni Optimis Tuntaskan Dengan Baik Tahapan COKLIT Pada Pemilihan Serentak 2024

Humas | Rabu, 24 Juli 2024

Panwascam dan PKD Kecamatan Kalidoni adakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi bersama PPK, PPS Kecamatan Kalidoni, 

Palembang,(24/07/2024)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang melalui Panwascam Kecamatan Kalidoni lakukan kegiatan Rapat koordinasi dan evaluasi terkait berakhirnya tahapan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada pemilihan serentak tahun 2024, bertempat di Kantor Sekretariat Panwascam Kecamatan Kalidoni.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Panwascam Kalidoni yang dalam hal itu  mengundang pihak penyelenggara yakni PPK dan PPS Kecamatan Kalidoni. Serta didampingi juga oleh PKD serta staf Panwascam Kecamatan Kalidoni. Dalam rangka Rapat koordinasi dan evaluasi tentang berakhirnya masa tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pada pemilihan serentak 2024 di kota Palembang. 

Disamping itu pertemuan tersebut juga membahas tentang kinerja Pantarlih yang telah melaksanakan Coklit dan telah selesai 100 % melaksanakan tugasnya pada 5 Kelurahan se Kecamatan Kalidoni. Hanya saja dalam pelaksanaan coklit tersebut  terdapat beberapa kendala di antaranya data pemilih yang tidak diketahui keberadaannya serta data-data kematian dan yang lain. 

Pada kesempatan tersebut ada beberapa pembahasan yang di sampaikan. Diantaranya evaluasi daftar pemilih dan evaluasi pemilih yang sudah meninggal dunia. Menindak lanjuti hal tersebut, Panwascam Kalidoni meminta kepada penyelenggara Tingkat Kecamatan dan Kelurahan yakni PPK , PPS kecamatan Kalidoni untuk segera menindak lanjuti hal tersebut mulai dari proses pembuatan akte kematian dan selanjutnya untuk menghapus nama yang bersangkutan ( yang sudah meninggal ) agar di hapus sebagai daftar pemilih.

Di sisi lain, Hengku Widiyanto Ketua Panwascam Kalidoni menyampaikan bahwa ada bebeapa temuan yang didapati selama proses coklit berlangsung. Diantaranya beberapa Pantarlih yang tidak melakukan pencoklitan secara langsung, dan tidak menemui keluarga yang bersangkutan. Menindak lanjuti temuan tersebut, Panwascam Kalidoni memanggil Pantarlih untuk meminta klarifikasi serta memberikan saran perbaikan guna untuk melakukan pencoklitan ulang 

“Saya berharap dengan diadakannya koordinasi dan evaluasi ini mampu menghasilkan tindak lanjut, yakni menindak lanjuti saran perbaikan yang telah kami sampaikan dan menghasilkan data pemilih yang sebegaimana mestinya, agar nantinya hak pilih warga se Kecamatan Kalidoni terpenuhi”Ujarnya pada Rabu, (24/07/2024)

Dalam hal itu Ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar menegaskan dengan seluruh Panwascam se Kota Palembang, untuk memastikan serta menjamin pantarlih yang bertugas harus menjalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta hak mata pilih masyarakay terpenuhi.;

“Saya minta kepada seluruh Panwascam se kota Palembang, mengingat berakhrinya masa Pencoklitan ini, untuk melakukan evaluasi dengan tujuan memastikan betul Coklit data pemilih ini sesuai dan tidak ada kesalahan.”tegasnya

lakukan kegiatan Rapat koordinasi dan evaluasi terkait berakhirnya tahapan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada pemilihan serentak tahun 2024, bertempat di Kantor Sekretariat Panwascam Kecamatan Kalidoni.

Penulis : YH

Sumber & Fotografer : Tim Media Panwascam Kalidoni