Lompat ke isi utama

Berita

Yusnar dan Hasbi Road to Integrity: Upgrade Skill Kepemiluan di Bogor

Yusnar  dan Hasbi Road to Integrity: Upgrade Skill Kepemiluan di Bogor

BOGOR, BWSPLG – Ketua Bawaslu Yusnar, S.Sos.I dan Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa M.Hasbi, S.Pd.I Mengikuti Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 (07/09). Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu Republik Indonesia bertujuan untuk memastikan keberlangsungan pemilu yang jujur di Indonesia. Pelatihan tersebut berlangsung selama 5 hari dan diselenggarakan di Green Forest Hotel, Bogor, Jawa Barat.

Yusnar mengungkapkan bahwa setelah dilantik, ia berhasil memperoleh pengetahuan yang substansial selama mengikuti pelatihan penguatan kapasitas.

"Kegiatan pelatihan ini memberikan banyak ilmu, seperti layanan advokasi hukum dalam menghadapi Pemilu, kode etik penyelenggara Pemilu, akuntabilitas Keuangan, dan kinerja Bawaslu. Semua ini dapat menjaga integritas lembaga. Pemimpin di Bawaslu Kabupaten/Kota perlu menjaga marwah dengan memperbanyak pengetahuan tentang Pemilu. Regulasi yang telah ada penting untuk melakukan tugas dan fungsi pengawasan. Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 harus memiliki kompetensi-kompetensi dasar pengawas pemilu, guna menunjang kerja pengawasan di daerah masing-masing." Ungkap Yusnar. 

Hasbi menegaskan bahwa setelah mengikuti pelatihan, mereka sekarang menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam menjalankan tugas di daerah. Hal ini menunjukkan penerapan praktis dari pengetahuan yang diperoleh, memperkuat langkah-langkah strategis dalam melaksanakan tugas dengan lebih efektif dan terarah. Hasbi menegaskan, "Setelah mengikuti pelatihan, tugas kami sekarang menerapkan di daerah." Katanya.

Sebagai informasi, bahwa pelatihan penguatan kompetensi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 ini berlangsung dari tanggal 2 s.d 6 September 2023. Acara ini diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kab/Kota dari 35 Provinsi di seluruh Indonesia. (*/ZPP).