Lompat ke isi utama

Berita

Sambangi KPU, Bawaslu Palembang Minta Perkuat Implementasi Nilai-nilai Asas Kepemiluan

Sambangi KPU, Bawaslu Palembang Minta Perkuat Implementasi Nilai-nilai Asas Kepemiluan

PALEMBANG, BWSPLG – Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Rabu (12/9) bertempat di Kantor KPU Kota Palembang di Jalan Mayor Santoso No. 2 Kamboja, Palembang. 

Rombongan Bawaslu Kota Palembang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Palembang, Yusnar yang hadir bersama pimpinan lainnya, Efan Yutawan, M. Hasbi, Muslim dan Khairil Anwar Simatupang, dan Hadir dari pihak KPU Kota Palembang, Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin dan Anggota Munawwaroh, Muhammad Joni, Kurniawan.

Ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar menjelaskan kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Tujuan kami untuk meminta agar KPU memperkuat aktualisasi nilai-nilai asas kepemiluan dalam setiap pelaksanaan tahapan serta membahas langkah-langkah konkret dalam menjaga integritas dan transparansi proses Pemilu serentak 2024,” ujar Yusnar.

Dalam kunjungan tersebut, Yusnar menekankan peran penting Bawaslu Kota Palembang dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu yang harus berjalan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber dan Jurdil). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses pemilihan tidak mengalami pelanggaran dan penyimpangan.

“Bawaslu Kota Palembang sangat berperan penting dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu yang bebas dari pelanggaran dan penyimpangan, sesuai dengan asas luber dan jurdil ” pungkas Yusnar.

Ia juga menegaskan komitmen Bawaslu Kota Palembang untuk terus menjaga independensi lembaga dan memastikan penyelenggaraan Pemilu yang adil dan demokratis.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin mengapresiasi kunjungan ini serta menyambut baik harapan Bawaslu ke KPU Kota Palembang mengenai pemilu.

Ia pun menegaskan pentingnya tekad yang kuat dalam menjalankan tugas pelaksanaan (KPU) dan pengawasan (Bawaslu) dalam tahapan pemilu dari masing-masing lembaga dalam persiapan Pemilu 2024.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bawaslu Kota Palembang atas kunjungan hari ini. Komitmen yang kuat dalam menjalakan tugas masing-masing Lembaga yakni pelaksanaan dan pengawasan sangat penting dalam persiapan Pemilu 2024”, sambut Syawaludin dalam suasana yang penuh hangat.

Kunjungan ini berlangsung dengan semangat kelembagaan untuk sama-sama bertanggung jawab menjaga integritas, independensi, dan demokrasi dalam setiap tahapan Pemilu di Kota Palembang. Kedua lembaga yakin bahwa fungsi pengawasan yang kuat akan mendukung terlaksananya Pemilu yang berkualitas dan berintegritas pada tahun 2024. (*/ZPP